IKAN TONGKOL
Dalam pembangunan Indonesia telah ditetapkanmengenai kebijaksanaan pembangunan perikanan, dimana dalam pembangunan perikanan tersebut rakyatlah yang mendapatkan prioritas utama. Hal itu didasarkan kenyataan bahwa kurang lebih 90% perikanan di Indonesia adalah perikanan rakyat.
Dalam pembangunan Indonesia telah ditetapkanmengenai kebijaksanaan pembangunan perikanan, dimana dalam pembangunan perikanan tersebut rakyatlah yang mendapatkan prioritas utama. Hal itu didasarkan kenyataan bahwa kurang lebih 90% perikanan di Indonesia adalah perikanan rakyat.
Pembangunan perikanandalam arti luas terus ditingkatkanmelalui usaha intensifikasi, eksentifikasi, diversifikasi (penganekaragaman) dan rehabilitasi dengan tujuan untuk meningkatkan produksi yang pada akhirnya dapat mempertinggi pendapata petani/nelayan, memperluas lapangan kerja dan mendorong pemerataan kesempatan berusaha. Dengan demikian sektor perikanan akan menjadi kuat dalam mendukung pembangunan daerah khususnya dan pembangunan nasional pada umumnya. Pengembangan produksi perikanan diarahkan pada pemanfaatan potensi areal penangkapan dan budidaya , sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan dalam rangka perbaikan gizi masyarakat terutama di pedesaan maupun untuk memenuhi kebutuhan pasar.
Beberapa ikan yang mempunyai nilai ekonomis untuk pasaran dalam negeri dan luar negeri antara lain :
a. Ikan pelagic (ikan permukaan), contoh : ikan tuna, ikan tongkol, ikan kembung, ikan cakalang, dan ikan sarden.
- Ikan demersal (laut lapisan dalam) dan ikan karang, contoh : berjenis-jenis udang (udang windu, udang putih, udang dogol dan lain-lain), ikan merah(bambangan), ikan kakap, ikan ekor kuning dan sebagainya.
- Ikan perairan pantai,contoh : rumput laut, kepiting, penyu, udang dan sebagainya
- Ikan air tawar, contoh: ikan mas, ikan gurame, ikan mujair, kepiting dan sebagainya
Peluang Indonesia dalam memenuhi permintaan pasar tentang komoditi hasil perikanan baik dalam negeri maupun luar negeri adalah sangat besar. Untuk itu langkah-langkah perbaikan dalam rangka meningkatkan daya saing komoditi perikanan Indonesia di pasaran Internasional sangat diperlukan dengan berbagai cara , antara lain adalah :
a. Peningkatan Market Intelligence
Pengamatan terhadap sifat dari konsumen baik dalam maupun luar negeri , harga dan trend harga, dan perkembangan eksportnegara penghasil ikan lainnya. Dari berbagai informasi tersebut dapat disusun rencana dan strategi untuk pengembangan selanjutnya.
b. Peningkatan Kualitas Produk
Konsumen pada saat ini tidak hanya memperhatikan bentuk atau kualitas produk akhir saja, tetapi mereka menginginkan pula untuk mengetahui proses komoditi tersebut mulai dari tahap awal.
c. Peningkatan Usaha Pemasaran strategi
Pemasaran harus lebih diarahkan pada peningkatan promosi untuk meningkatkan citra produk perikanan di mata konsumen. Upaya promosi ini dapat dilakukan dengan mengikuti pameran-pameran, mengikuti misi dagang, pengiriman brosur-brosur, dan menjalin kerja sama antara asosiasi perikanan.
d. Menciptakan Produk Baru
Dibutuhkan adanya usaha untuk menciptakan produk baru, melalui pengamatan di pasaran duniadan melalui market Intelligence, sesuai dengan perkembangan selera konsumen. Pemenuhan kebutuhan dan perkembangan selera konsumen akan mendorong permintaan terhadap komoditi perikanan.
Kota Sibolga cukup berpeluang menjadi salah satu pusat perdagangan dan jasa di Sumatera Utara jika Pemerintah kota setempat mampu mengelola potensi perikanan laut di Sibolga dengan profesional. Potensi hasil laut di Sibolga belum dimanfaatkan secara optimal karena sarana dan prasarana yang mendukung kurang memadai, contohnya dalam pengiriman ikan ke luar negeri masih memanfaatkan jasa pelabuahan Dumai dan pelabuhan Belawan. Jika pelabuhan Sibolga sudah dikembangkan ke jalur Internasional maka pengiriman ikan keluar negeri tidak perlu memakai jalur pelabuhan Dumai dan Belawan. Dengan dibukanya pelabuhan Sibolga maka ada peluang lowongan kerja dan jasa tenaga kerja banyak dibutuhkan di kawasan pelabuhan dan menambah pendapatan daerah.
IKAN KERAPU
Hasil-hasil perikanan dari laut ada yang diolah menjadi ikan asin atau ikan kering yang dikerjakan secara home industri. Ikan asin dari kota Sibolga cukup dikenal, dan biasanya dijadikan oleh-oleh bagi orang yang datang berkunjung ke kota Sibolga
Hasil-hasil perikanan dari laut ada yang diolah menjadi ikan asin atau ikan kering yang dikerjakan secara home industri. Ikan asin dari kota Sibolga cukup dikenal, dan biasanya dijadikan oleh-oleh bagi orang yang datang berkunjung ke kota Sibolga
Ada beberapa usaha-usaha yang bergerak di bidang jual beli ikan yang ada di Sibolga, dimana daerah penjualannya keluar daerah Sibolga bahkan ada yang sampai ke luar negeri, antara lain :
1. PT. PISI (Pantai Indah Sibolga)
2. UD GABE
3. GUDANG ZZP
4. PT ASSA
5. PT PAS (PUTRA ALI SENTOSA)
6. GARUDA MAS
7. MTHR
8. EHHEM
Pemerintah kota Sibolga diharapkan mampu menggandeng para investor dan pengusaha besar untuk menanamkan modalnya di bidang perikanan, sehingga hasil-hasil laut yang banyak dihasilkan dari Sibolga tidak lagi dikirim ke luar daerah melainkan dijadikan sebagai bahan olahan. Dengan banyaknya investor menanamkan modalnya di Sibolga dan berdirinya pabrik-pabrik pengolahan ikan maka kota Sibolga bisa menjadi pusat perindustrian perikanan, sehingga membuka lowongan kerja dan dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya kesejahteraan para petani kita.
IKAN TUNA
sdh seberapa jauh mana penangkapan ikan tuna di sibolga
BalasHapus